PUTRA BNI 46 TINGGAL SELANGKAH LAGI

PALEMBANG – Tinggal selangkah lagi tim putra Jakarta BNI 46 lolos ke final four Proliga 2019 usai mengalahkan juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator di seri pertama putaran kedua dengan skor 3-1 (25-23, 25-20, 18-25, 25-22) di GOR PSCC Palembang, Minggu (13/1). Dengan kemenangan ini BNI 46 menempati posisi ketiga dengan mengoleksi poin 11 dari empat menang dan tiga kali kalah.

Duel sengit pun sudah langsung tersaji sejak awal pertandingan. BNI 46 langsung menyerang pertahanan hingga mampu mengungguli 7-4, namun Bhayangkara Samator mampu mengejar 16-14. Tapi pertandingan diakhiri BNI dengan skor 25-23. Memasuki set kedua BNI 46 memimpin skor jauh hingga 13-9. Randy Tamamilang dkk. mencoba mengejar ketertinggalan dengan meminimalisir kesalahan sendiri, namun anak asuh Samsul Jais mengamankan set kedua.

Tampil kurang memuaskan di set pertama dan kedua, mampu membuat Bhayangkara Samator amankan set ketiga 25-18. Namun Jakarta BNI 46 mampu tampil impresif dari awal hingga berhasil mengakhiri set keempat 25-22. Hal ini berbeda jauh dengan putaran pertama, saat lawan Bhayangkara Samator mereka harus mengakui kekalahan 1-3.

“Evaluasi kami bahwa memang dari kemarin saat lawan Samator bukan hanya masalah pertandingan teknis, kita juga tau tidak akan mudah mendapatkan poin. Dan kira-kira kita pun semua tahu bagaimana pertahanan dari Samator, tapi kunci hari ini yaitu di servis dan receive, kita mampu menyerang mereka di dua set awal melalui serve yang bagus,” ujar Pelatih Jakarta BNI 46, Samsul Jais.

“Di set ketiga kita terlambat, karena lawan menang dari servis, tapi kita coba. Mereka bermain dengan pola cepat, dan kita mengubah strategi sehingga kemenangan kita ini memang kemenangan psikologi, yaitu kita adu strategi dan adu taktik,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Bhayangkara Samator, Ibarsyah Djanu Tjahjono mengatakan memang hari ini anak asuhnya banyak melakukan kesalahan sendiri, dari servis saja berapa poin diberikan percuma kepada lawan.

“Pertama memang hari ini Jakarta BNI 46 tampil luar biasa, diset pertama dan kedua mereka berhasil membuat kami tertekan sehingga kami banyak melakukan kesalahan. Kami banyak salah dari receive, blok hingga servis, sehingga di set ketiga kita berbaiki dan berhasil, tapi tidak bisa mengambil di set keempat, keberuntungan masih berada di pihak BNI,” ujar Ibarsyah.

“BNI memang tampil all out hingga memang benar-benar bagus hari ini mereka. Kesalahan kami memang dari awal di servis, jadi akan kami perbaiki kedepannya di servis,” tuntasnya.(*)

2019-01-13T21:16:03+00:00

Leave A Comment