Final Four Dimulai dari Malang

MALANG– Juara bertahan putri, Jakarta Elektrik PLN dan juara putaran dua, Bandung Bank BJB Pakuan akan mengawali babak empat besar atau final four Proliga 2018 putaran pertama di GOR Ken Arok Malang, 30 Maret 2018 mendatang.

Final four putaran pertama akan berlangsung 30 Maret hingga 1 April mendatang. Selain tim putri Elektrik PLN dan Bank BJB Pakuan, dua tim lainnya yang akan tampil di final four adalah Jakarta PGN Popsivo Polwan dan Jakarta Pertamina Energi.  Di bagian putra, empat tim yang akan berlaga di babak empat besar, antara lain juara bertahan Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank SumselBabel, Surabaya Bhayangkara Samator, dan Jakarta BNI Taplus.

Keempat tim putra dan empat tim putri lolos ke final four setelah melalui pertarungan hidup mati di babak penyisihan dalam dua putaran, di enam kota yang diawali dari Yogyakarta, 19 Januari dan berakhir di Bandung, 18 Maret lalu.

Tiga tim putri tersingkir dari perebutan empat besar yakni Jakarta BNI Taplus, Gresik Petrokimia, dan Bekasi BVN. Sedangkan di sektor putra yang diikuti lima tim, satu-satunya tim yang terlempar dari babak empat besar adalah Bekasi BVN.

Manajer putri Elektrik PLN, Yulia Ismaganti mengatakan tim PLN akan bermain maksimal menghadapi Bank BJB Pakuan pada pertandingan perdana di Kota Malang. Dia menyadari kalau tim asuhan pelatih asal China, Hu Xiao Dong itu secara materi kalah dari Bank BJB yang sebagian besar pemainnya adalah mantan pemain PLN pada tiga musim sebelum ini, seperti Aprilia Manganang, Wilda SN Sugandi, Yolana Betha, Dian Wijayanti.

“Kita sadar, secara materi kita memang kalah dari Bank BJB. Tapi kita tetap berusaha bisa tampil maksimal menghadapi BJB,” tambah Yulia.

Menurut Yulia, salah satu usaha yang akan dilakukan PLN untuk mencapai kemenangan adalah mendatangkan asisten pelatih Tien Mei. Dia adalah pelatih yang membawa Elektrik PLN menjuarai Proliga tiga musim berturut-turut yakni 2015, 2016, dan tahun 2017. “Kita akan usahakan Tien Mei datang di Malang,” tukas Yulia menambahkan.

Pada klasemen akhir babak penyisihan, Bank BJB berada di peringkat kedua. Sedangkan Elektrik PLN menempati posisi ketiga. Di posisi pertama ditempati Pertamina Energi. Dan, PGN Popsivo Polwan di peringkat keempat.

Sementara itu, bagi Bank BJB, kendati unggul materi pemain dari Elektrik PLN tetap waspada. Keunggulan dua kemenangan di babak penyisihan tidak menjadi ukuran bagi Bank BJB. “Keunggulan dua laga di babak penyisihan memang menjadi modal bagi kami. Tapi itu tidak jaminan, karena di final four apapun bisa terjadi,” kata manajer Bank BJB, Ayi Subarna.

Ditambahkan, tim asuhan Octavian itu tetap optimis akan mampu mengatasi Elektrik PLN. Pada pertemuan terakhir seri kedua putaran kedua di Palembang beberapa waktu lalu, Aprilia Manganang dan kawan-kawan sempat kecolongan satu set meski akhirnya unggul 3-1. “Waktu itu anak-anak terlalu percaya diri sehingga set pertama itu kita kalah,” tambah Ayi yang lebih akrab dipanggil Upay itu.

Pertarungan laiinya pada hari pertama final four putaran pertama yang mempertemukan Jakarta Pertamina Energi dengan Jakarta PGN Popsivo Polwan dipastikan berlangsung ketat. Popsivo yang pada babak penyisihan sempat terseok-seok diperkirakan akan tampil lebih baik di babak empat besar nanti.

Menurut asisten manajer Jakarta PGN Popsivo Polwan, Kompol Pol. Ernita Pongki, tim asuhan Dwisari Iswaningsih itu akan tampil lebih baik daripada di babak penyisihan. “Tentunya di final four akan banyak perubahan penampilan anak-anak. Kita akan main maksimal,” ujar Ernita.

Demikian pula dengan Jakarta Pertamina Energi. Manajer Widi Triyoso mengatakan tim asuhan M. Ansori itu telah melakukan evaluasi usai babak penyisihan dan menghadapi final four. “Final four kita melakukan banyak melakukan peningkatan termasuk melawan Popsivo. Karena final four akan berbeda semua tim,” ucap Widi.
[16:31, 3/28/2018] Lutfi Sukri Meneh: Di bagian putra, babak final four juga tidak kalah menariknya. Keempat tim yang tampil nanti akan  menunjukkan kehebatannya masing-masing. Apalagi, keempat tim sudah pernah saling mengalahkan pada babak penyisihan lalu.

Juara bertahan Jakarta Pertamina Energi kembali diunggulkan pada musim kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-17 ini. Di babak penyisihan lalu, tim besutan Andri Widiatmoko ini menjadi juara pada dua putaran. Mengawali final four di Malang, Pertamina akan menghadapi Jakarta BNI Taplus, Jumat (30/3).

Andri menyebutkan kalau timnya akan sapu bersih di Malang. Hal ini untuk mengamankan timnya lolos ke grand final lebih awal. Grand  final dijadwalkan berlangsung 15 April mendatang di Yogyakarta. “Kita menganggap semua tim yang tampil di final four sama. Jadi kita sudah saling tahu kelebihan dan kekurangannya. Saat ini kita hanya menjaga maintenance dari tim kita sendiri,” ucap Andri.

Di lain pihak, Head Manajer Jakarta BNI Taplus, Endang Hidayatullah mengaku kalau timnya sudah siap tampil di final four. “Semua tim pasti sudah siap tampil di final four, termasuk BNI. Tinggal mental dan strategi pelatih yang bisa memenangkan pertandingan,” ujar Endang.

Surabaya Bhayangkara Samator yang akan menghadapi Palembang Bank SumselBabel pada hari pertama (30/3) akan tancap gas sejak awal final four di Malang. Meski dua kali unggul atas Bank SumselBabel di babak penyisihan, Samator tidak lantas menganggap remeh tim satu-satunya dari luar Pulau Jawa itu. “Kita memang unggul dua kali dari Bank Sumsel. Tapi skornya tipis 3-2. Makanya kita tidak menganggap remeh Bank Sumsel. Karena final four itu berbeda,” ujar manajer Samator, Kombes Pol. Nanang Masbudi.

Selain itu, Samator juga berharap dukungan dari penonton di Malang. “Malang itu seperti kandang Samator. Akan banyak dukungan dari penonton. Di Malang kita targetkan sapu bersih,” tambah Nanang yang menjabat sebagai Dirlantas Polda Kalimantan Barat.

Pelatih Bank SumselBabel, Samsul Jais, menuturkan kalau menghadapi Samator timnya sudah punya strategi khusus. Pada pertemuan terakhir melawan Samator, Samsul sudah mengamati dan mengevaluasi pihaknya akan mematikan Rendy Tamamilang dan Rivan Nurmulki serta mematikan bola cepat Samator. “Itu evaluasi kami menghadapi Samator,” tambah pelatih timnas putra SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty menyebutkan pertarungan sesungguhnya untuk memperebutkan mahkota juara Proliga tahun ini akan dimulai dari Kota Malang. Karena keempat tim putra dan empat putri yang sudah melangkah ke final four akan bertarung habis-habisan guna menentukan langkah ke final. “Seluruh peserta final four akan ngotot meraih kemenangan di setiap pertandingan agar bisa melangkah mulus ke final. Makanya setiap pertandingan akan seru sekali,” tambah Hanny.

Proliga 2018 yang disponsori Pertamina, PGN, BNI 46, PLN, dan Mikasa itu bisa diikuti dalam live streaming youtube pbvsi_official untuk seluruh pertandingan. Di samping itu, juga bisa diikuti di instgram @pbvsi_offisial, twitter: @VoliProliga, facebook: @pbvsiofficial, serta website: voliindonesia.org. Selain itu, pertandingan-pertandingan nantinya akan disiarkan secara langsung di I News TV dan  Useetv dari Indihome Telkom.(

2018-03-28T15:10:20+00:00

Leave A Comment