Proliga 2018 Hadir di Delapan Kota

JAKARTA – Kompetisi bola voli paling akbar di Tanah Air, Proliga, kembali akan digelar di delapan kota di Indonesia, 19 Januari hingga 15 April 2018 mendatang. Sebanyak tujuh tim putri dan lima putra akan bertarung memperebutkan gelar juara Proliga 2018.

Ketujuh tim putri terdiri dari Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Bandung Bank BJB Pakuan, Jakarta BNI Taplus, dan Bekasi BVN. Sedangkan di bagian putra antara lain Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank SumselBabel, Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI Taplus dan Bekasi BVN.

Sementara delapan kota yang akan meramaikan kompetisi berhadiah total sekitar Rp 1 miliar itu antara lain Yogyakarta (pembukaan), Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang, Solo. Sedangkan final akan dilangsungkan di Yogyakarta pada 15 April 2018 mendatang.

Dari jumlah peserta yang akan berkompetisi pada Proliga 2018 ini, lebih sedikit dibanding perhelatan tahun lalu. Satu kontestan putra, yakni Jakarta Elektrik PLN mengundurkan diri. Sehingga peserta putra hanya terdiri dari lima tim, bukan lagi enam putra seperti tahun 2017 lalu.

Kendati jumlah peserta putra berkurang satu tim, Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, meyakini kompetsi yang telah memasuki tahun ke-17 ini tetap berlangsung menarik dan seru. “Dari lima tim putra hanya satu yang terlempar dari persaingan menuju final four. Selain itu, pembagian pemain di putra lebih merata,” ujar Hanny disela-sela acara kick-off Proliga 2018, di Kantor PP. PBVSI Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Menyebarnya pemain yang tadinya tersebar di dalam enam tim saat ini dibagi dalam lima tim. “Otomatis pemain-pemain putra terbaik hanya disebar di lima tim,” sambung Hanny, yang juga Ketua V Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI.

Lebih lanjut Hanny mengatakan, persaingan di bagian putri juga tak kalah serunya. Pemain-pemain tim nasional menyebar di dalam tim peserta putri. Juara bertahan Jakarta Elektrik PLN, tidak lagi diperkuat pemain terbaik Proliga 2017, Aprilia Manganang yang kini memperkuat Bandung Bank BJB Pakuan. Begitu pula dengan Wilda S. N. Sugandhi dan libero Berlian Marshella yang “hijrah” ke klub asal Kota Bandung itu.

Sementara Jakarta Elektrik PLN yang tiga tahun terakhir menjadi juara berturut-turut di bagian putri, tahun ini diperkuat pemain-pemain muda. “Kita pada tahun ini lebih mengutamakan pembinaan pemain muda,” kata salah seorang pengurus PBV Jakarta Elektrik PLN, Bambang Sutanto.

Akan tetapi, lanjutnya, klub BUMN itu tetap diperkuat juga beberapa pemain senior seperti Amasya Manganang dan setter senior  Gunarti “Ibun” Indahyani. Di samping itu, Jakarta Elektrik PLN yang tetap ditangani pelatih kepala Tien Mei, juga merekrut pemain-pemain muda dari luar seperti salah satunya dari PPLP Ragunan Jakarta.

Runner-up putri tahun lalu, Jakarta Pertamina Energi juga melakukan pembenahan. Dua kali berturut-turut gagal meraih predikat juara di sektor putri, tim BUMN itupun merekrut pelatih baru, yakni M. Ansori. Mantan pelatih Jakarta PGN Popsivo Polwan itu menggantikan  Risco Herlambang yang hijrah ke Jakarta BNI Taplus.

“Saya ditargetkan untuk membawa Pertamina juara tahun ini,” tutur pelatih Jakarta Pertamina Energi putri, M. Ansori.

Hal itu, menurutnya, merupakan target realistis karena sebagian besar materi pemain dua kali menjadi runner-up itu masih tetap ada dalam tim tersebut. “Ditambah lagi beberapa pemain terbaik dari TNI AU bergabung lagi. Saya kira secara kualitas Pertamina masih menjadi tim terbaik,” tambahnya.

Beberapa pemain nasional SEA Games 2017 Kuala Lumpur yang tergabung dalam tim asuhan M. Ansori itu antara lain Nandita Ayu Salsabila,  Novia Andriyanti, Asih Titi Pangestuti dan Hany Budiarti.

Sementara itu, Jakarta PGN Popsivo Polwan juga berbenah. Guna memperbaiki peringkat tahun lalu di posisi ketiga, tim dari kepolisian itu merekrut pelatih asal Thailand, Apichat Kongsawat. Popsivo menempati peringkat ketiga pada musim kompetisi lalu.

Kedatangan pelatih dari Gajah Putih itu untuk lebih meningkatkan prestasi Popsivo.  “Setidaknya pimpinan kami menargetkan setidaknya ke final,” ujar asisten manajer Jakarta PGN Popsivo Polwan, Kompol. Ernita Pongki.

Selain mendatangkan pelatih dari Thailand, Popsivo juga merekrut pemain-pemain dari Bank Jatim seperti Megawati Hangestri, Rianita Panirwan, Dhini Indah Sari, danFaiska Dwi Permata Ratri.

Di samping beberapa pemain dari Bank Jatim, Popsivo tahun ini juga menurunkan pemain bintangnya, Amalia Fajrina yang pada tahun lalu absen karena mengikuti pendidikan di kepolisian. “Tahun ini Amalia sudah bisa diturunkan,” tambah Ernita.

Pada kompetisi yang disponsori Pertamina, BNI 46, PGN, dan Mikasa itu akan diberlakukan aturan baru yang mana setiap tim diperbolehkan menurunkan 14 pemain  termasuk dua libero. Jika pada musim sebelumnya setiap tim hanya mendaftarkan 12 pemain dengan satu atau dua libero. “Tahun ini jika mendaftar 12 pemain hanya diperkenankan mendaftarkan satu libero atau tidak pakai libero sama sekali,”  tukas Hanny.

Sedangkan penggunaan pemain asing pada tahun ini tetap seperti Proliga sebelumnya, yakni setiap tim wajib menggunakan pemain asing, minimal satu pemain dan maksimal dua pemain. Penggantian pemain asing hanya diperkenankan satu kali yakni menjelang putaran kedua.

Sementara penggantian pemain lokal, yang dilakukan menjelang putaran kedua, diperkenankan maksimal dua pemain. “Tapi kalau tidak melakukan penggantian pemain asing, maka boleh tiga pemain lokal,” jelasnya.

Proliga 2018 ini bisa diikuti dalam live streaming youtube: pbvsi_official untuk semua pertandingan. Di samping itu, juga bisa diikuti di instagram @pbvsi_offisial, twitter: @VoliProliga, facebook: @pbvsiofficial, serta website: www.voliindonesia.com.(*)

2018-01-12T16:40:55+07:00

Leave A Comment